• Pusat IT
  • Tentang UGM
  • FKKMK UGM
Universitas Gadjah Mada Laboratorium Bio- & Paleoantropologi
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Kontak
  • Koleksi Fosil
    • Manusia Purba
    • Avertebrata
    • Vertebrata
    • Tumbuhan
    • Tulang Sub-Recent
    • Artefak
  • Museum
    • Koleksi & Galeri
    • Kunjungan
  • Kegiatan
    • Perkuliahan
    • Penelitian Bioantropologi
    • Penelitian Paleoantropologi
    • Penelitian Mahasiswa
    • Pengabdian Masyarakat
    • Seminar
    • Artikel
  • Layanan
    • Kerjasama Penelitian
    • Akses Repositori Fosil
    • Akses Penelitian Fosil
    • Akses Perpustakaan
    • Peminjaman Alat Penelitian
    • Kursus/Pelatihan
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Artikel
  • ANATONIME: Menghidupkan Ilmu Anatomi Lewat Seni, Teknologi, dan Pop Culture

ANATONIME: Menghidupkan Ilmu Anatomi Lewat Seni, Teknologi, dan Pop Culture

  • Artikel
  • 22 September 2025, 09.10
  • Oleh: janatin.hastuti
  • 0

Di era digital yang serba cepat, cara belajar manusia terus berubah. Pendidikan kini tidak lagi sebatas ruang kelas dan buku teks, melainkan merambah ke berbagai media interaktif yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan ilmu anatomi sebagai fondasi penting bagi dunia kedokteran yang kerap dianggap rumit. Melalui ekshibisi bertajuk “Anatomy the MOVIES (Multi & Other Verses of Interactive Education Series): ANATONIME”, Museum Anatomi dan Museum Bio-paleoantropologi FK-KMK UGM sukses menghadirkan anatomi dan antropologi dengan wajah baru: segar, kreatif, dan mudah dipahami.

Tema ANATONIME melambangkan pertemuan anatomi dengan berbagai dunia lain, mulai dari film, komik, hingga teknologi mutakhir. Hasilnya, anatomi tidak lagi dipandang sebagai ilmu yang kaku, melainkan pengetahuan yang bisa dikaitkan dengan budaya populer dan kehidupan sehari-hari.

Ekshibisi yang berlangsung pada 20–24 Agustus dan 27–31 Agustus 2025 ini dipadati pengunjung. Tercatat lebih dari 1.062 orang hadir, mulai dari pelajar SD, SMP, SMA, MTs, mahasiswa, hingga masyarakat umum dan pegawai UGM. Antusiasme pengunjung terlihat jelas: mereka tak hanya datang melihat koleksi, tetapi juga aktif mengikuti berbagai aktivitas yang disiapkan panitia.

ANATONIME menghadirkan serangkaian program inovatif:

  • Ekshibisi Museum Anatomi – Mahasiswa kedokteran menjadi fasilitator, menjelaskan preparat anatomi, sekaligus mengajak pengunjung dalam aktivitas interaktif.
  • Podcast Edukatif – Membahas anatomi melalui kacamata tokoh pop culture. Dari transformasi tubuh Luffy di One Piece hingga teknik pernapasan Hashira di Kimetsu no Yaiba, semua dikupas dari sisi anatomi.
  • Video Edukasi – Mengusung konsep Praknadol (Praktikum–Kuliah Anatomi dengan Spidol), video ini menjelaskan anatomi fungsional, seperti aliran darah, fungsi otak, hingga peran cerebellum dan ganglia basal.
  • Workshop Database Imaging & 3D Printing – Memperkenalkan teknologi terkini, mulai dari imaging medis hingga 3D printing yang membantu memahami struktur tubuh manusia dengan lebih nyata.

Bagi mahasiswa, ANATONIME adalah kesempatan belajar dengan cara baru. Bagi masyarakat umum, ini adalah ruang untuk memahami tubuh manusia secara sederhana, menyenangkan, sekaligus membuka wawasan tentang evolusi. Dengan pendekatan kreatif ini, Museum Anatomi dan Museum Biopaleoantropologi FK-KMK UGM menegaskan posisinya sebagai pusat edukasi interaktif lintas generasi.

Lebih dari itu, kegiatan ini juga sejalan dengan misi pembangunan berkelanjutan khususnya mendukung SDGs 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera), SDGs 4 (Pendidikan Berkualitas), SDGs 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur), serta SDGs 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

ANATONIME membuktikan bahwa ilmu kedokteran bisa dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Tubuh manusia bukan sekadar objek studi, melainkan sumber inspirasi yang dapat dikaitkan dengan seni, budaya, hingga teknologi. Dengan ribuan pengunjung yang antusias, ekshibisi ini bukan hanya memperkenalkan anatomi secara interaktif, tetapi juga membuka pintu baru bagi cara belajar masa depan.

 

 

Tags: FKKMK UGM SDGs17 SDGs17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs3 SDGs3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDGs4 SDGs4: Pendidikan Berkualitas SDGs9 SDGs9: Industri Inovasi dan Infrastruktur

Recent Posts

  • Belajar Inovasi Promosi Kesehatan di Era AI, Dinas Kesehatan Temanggung Kunjungi INAHEALTH dan Museum Bio-Paleoantropologi UGM
  • Tiga Dosen dari Laboratorium Bio-Paleoantropologi FKKMK-UGM Terima Brevet Kepakaran Anatomi di Ajang PIN PAAI 2025 UNS Solo
  • Pameran Temporer Museum UGM Angkat Tema “Ākāra Abhiprāya Gama”, Ajak Publik Bangun Masa Depan Lewat Sains dan Teknologi
  • Serunya Siswa SDIT Insan Mulia Belajar Evolusi Manusia di Museum Bio-Paleoantropologi di FKKMK-UGM
  • ANATONIME: Menghidupkan Ilmu Anatomi Lewat Seni, Teknologi, dan Pop Culture
Universitas Gadjah Mada

LABORATORIUM BIO- & PALEOANTROPOLOGI
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat & Keperawatan

Universitas Gadjah Mada
Jl. Medika,  Sekip, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia
Email          : lab-biopaleo.fk@ugm.ac.id
Telp. / fax  : +62-0274-552577

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju