Sejumlah siswa SMA dari berbagai SMA telah mengunjungi Museum Bio-Paleoantropologi Unversitas Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat, Keperawatan Univeritas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) pada 17 Mei 2025. Kunjungan ini merupakan rangkaian acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter (HMPD) FKKMK-UGM untuk mengajak siswa SMA agar mengenal program Pendidikan di Program Studi Kedokteran lebih dekat.
Tahun ini panitia HMPD mengusung topik BEHIND THE SCENE 2025 yang dikomandani oleh divisi Community and Social Empowerment (CSE). Acara ini dirancang khusus untuk siswa-siswi SMA dari seluruh Indonesia agar lebih mengenal dunia kedokteran secara langsung. Kegiatan berlangsung secara luring di lingkungan FK-KMK UGM, mencakup berbagai sesi interaktif seperti faculty tour, talkshow bersama mahasiswa kedokteran, roleplay Basic Life Support (BLS), serta case challenge dan focus group discussion (FGD).
Salah satu sesi acara Behind the secne 2025 adalah faculty tour. Siswa diajak untuk mengenal lingkungan dan fasilitas yang di miliki oleh Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Harapannya dengan kegiatan ini adalah mereka akan memiliki pengetahuan dan informasi bagaimana dan suasana yang sesungguhnya menjadi mahasiswa Program S1 Kedokteran.
Rangkaian faculty tour yang menarik minat para peserta adalah saat mengunjungi Museum Bio- Paleoantropologi dan Museum Anatomi. Mereka sangat antusias mendengarkan penjelasan yang sangat lengkap oleh saudara Ashwin Prayudi, S.S., M.A. dan dr. Junaedi Yunus, M.Sc., Ph,D.
Dengan mengunjungi museum ini para peserta akan mendapatkan gambaran yang nyata tentang evolusi, jaman prasejarah, perkembangan manusia dari tahun ke tahun serta anatomi tubuh manusia. Selama ini siswa- siswa tersebut hanya bisa membaca buku saja dengan demikian mereka bisa mendapatkan informasi yang lengkap yang bisa ditangkap secara visual.
Memberikan edukasi kepada para siswa ataupun mahasiswa sudah sering dilakukan oleh tim dari Museum Bio-Paleoantropologi. Kami sangat mendukung kegiatan positif seperti ini dan sangat mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya: SDG 4: Quality Education atau Pendidikan berkualitas.
Kontributor: Ilham Novitasari
Editor: Janatin Hastuti